Senin, 15 Agustus 2011

USIA PRODUKTIF


" Ardi adalah seorang pelajar yang rajin dan pandai di kuliahnya, Lulus kuliah dan meraih gelar sarjana dalam waktu cepat dan IP nya pun sangat tinggi, sekitar 3,9. Semenjak kecil memang sudah terbiasa hidup mandiri dan bekerja profesional, kini ardi telah bekerja di Perusahaan International di Boston, Amerika Serikat. " Sungguh mujur dan baik nasibnya.

Di Usia produktif memang sangat rawan sekali dalam menjaga dan mengatur pola hidup, agar nantinya bisa berjalan di arah yang lurus dan tidak terjebak oleh hal - hal yang merugikan. Usia produktif itu antara berapa, sekitar umur 23 tahun - 45 tahun. Kalau di Luar negeri umur 19 tahun juga sudah sangat produktif, seperti contohnya ' Kaka ' , pemain muda yang tersohor di AC Milan saat ini, pemain brazil ini sangat fenomenal dan Luar biasa semenjak ber kiprah di Italia.

Nah , hal apa yang perlu diperhatikan di usia produktif ini. Agar nantinya anda bisa lebih bagus dan mudah untuk menge - set suatu rencana dan langkah kedepan. Hal apa yang perlu di lakukan dan hal apa yang harus di hindari, berikut tindakan nyata tersebut :

Tindakan Positif

1. Belajar
Walaupun sudah belajar di bangku kuliah dan mendapatkan gelar, proses belajar itu sebenarnya terus berjalan sampai orang tersebut gila atau meninggal. Jadi belajar adalah hal mutlak dan wajib dijalankan.

2. Manfaatkan Waktu
Ada yang mengatakan waktu adalah uang, waktu adalah eksekusi, waktu adalah Diktator, tergantung kita bagaimana menggunakan waktu tersebut dengan optimal dan bermanfaat.

3. Mencoba
Apa yang salah untuk mencoba suatu usaha, orang bilang takut gagal dan takut kalah. Kalau orang sudah belajar, pasti tidak mengenal kata gagal dan kalah, ... semua itu adalah termasuk bagian dari proses yang harus dilalui untuk meraih sebuah puncak kemenangan.

4. Berani
Berani untuk memulai hal baru, meramu dengan baik kegiatan belajar, memanfatkan waktu dan terus mencoba dengan semangat. Keberanian anda pasti berbuah hasil yang sangat bagus.

5. Networking
Coba jalin hubungan dengan sahabat / kawan lama anda sewaktu SMU, Kuliah atau di tempat kerja lama, serta membuka diri untuk networking di tempat anda yang baru, rekan kerja, boss dan para pelanggan anda.

6. Dinamis
Selalu dinamis dan siap menghadapi berbagai kompetisi, dan merasa senang jika orang lain mencuri ilmu dan meniru anda, semakin banyak orang meniru cara anda, maka anda akan semakin semangat untuk belajar dan berkembang. Jangan munculkan rasa kesal anda sewaktu ada yg meniru cara anda, karena sebenarnya hidup ini benar - benar dinamis dan cepat bergerak.

7. Kreatif dan inovatif
Tumbuhkan proses kreatif anda , daya inovasi untuk meningkatkan talenta dan posisi diri dimata orang lain. Proses kreatif dan inovatif anda akan berjalan jika di sekitar anda banyak orang kretaif dan inovatif juga, jadi kalau di sekitar anda hanya terdiri orang yg statis, maka siap siaplah untuk menerima berbagai komentar yg masuk, entah itu bernada sinis , mencemooh atau bernada support yg bagus untuk anda.

8. Meniru
Meniru dari mereka yang sudah membuktikan dan berhasil, adalah hal yang bagus buat anda untuk menempel terus kesuksesan itu. Jadi jangan malu meniru demi kebaikan, proses tiru meniru ini sebenarnya juga belajar khan ?

9. Brand on You
Mulai memikirkan untuk menjual diri anda secara professional, jaman sekarang kalau ingin mapan dan memiliki masa depan bagus, harus berani unjuk gigi dan mengenalkan identitas anda sendiri.


Hindari Hal ini

1. Statis
Anda tidak akan mengalami suatu perubahan yang sangat menyenangkan dan nikmat dalam hidup ini, jika anda hanya statis tidak mau melakukan perubahan atau peningkatan diri. Untuk merubah ke arah yg lebih baik, harus mau membuka diri untuk belajar dan belajar. Sebenarnya sikap statis adalah sikap yang cocok untuk sebuah mesin, bukan untuk sifat manusia yang dinamis dan mampu menyesuaikan perubahan, menangnya sebuah kompetisi karena mampu melepaskan diri dari belenggu kemapanan.

2. Kegiatan sia - sia
Jelas kegiatan yang tidak menguntungkan seperti investasi yang tidak jelas, ber bisnis yang tidak tahu secara mendalam apa dan bagaimana usaha itu, sekedar ikut - ikutan ataupun pamrih, tidak enak dengan teman / sahabat.
Waktu anda hanya terbuang sia - sia saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar