Senin, 30 Mei 2011

Tips Mengisi Bensin

*ISI BENSIN **_HANYA_** DI PAGI HARI*,

Saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan _memuai _(!)

Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya.

Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya. Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

2. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)*

Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana . Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.

Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya? >
mungkin gini: kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

3. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi bensin*.

Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.


Semoga informasi ini bermanfaat buat anda semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar