Kamis, 28 Juli 2011

menjadi ‘superhero’di Network Marketing

by networkbuilder01 in Uncategorized
Tag:, , , ,


Seseorang dengan bangganya mengatakan, saya membangun 5 leg downline saya. Semua downline saya kalau bertanya tentang produk pasti pada saya”. Katanya, kalau Home meeting tidak dengan saya tidak mantap pak….. dan begitu banyak kalimat senada yang intinya adalah cerita kebanggaan upline atas prestasinya yang membuat downline-downlinenya TERGANTUNG kepada dia, seakan-akan dia menjadi seorang superhero. Sebuah kebanggaan yang semu?
Kebanggaan yang semu? Yang benar aja, toh buktinya saya senang dan enjoy dan saya merasa nyaman dengan kondisi ini!. Betul! Senang dan nyaman yang sementara. Karena dalam waktu yang lebih panjang anda akan menerima akibatnya, yang membuat anda sedih dan kalang kabut. Kenapa? Karena jika kondisi ini dipertahankan, akan semakin banyak Dl anda yang meminta tolong kepada anda, yang sekedar masalah kecilpun bertanya kepada anda, yang akhirnya anda kehabisan waktu dan bisnis anda tidak berkembang. Tidak tumbuh pemimpin-pemimpin baru yang tangguh dalam group anda, karena kurangnya tantangan dan masalah, karena setiap kali menghadapi masalah dan tantangan yang menurut mereka berat, meraka akan memanggil super hero mereka yang hebat yaitu uplinenya yang selalu siap sedia membantu. Hal ini akan membuat leader anda tidak matang oleh masalah dan tantangan, menjadi rapuh dan cengeng yang akhirnya tidak bisa bertahan dibisnis ini ketika anda tidak lagi bias membantu. Anda mau?
“Ketergantungan adalah musuh utama duplikasi”
Bisnis MLM dibangun dari satu kata DUPLIKASI! Ketika duplikasi tidak berjalan dengan baik maka binis MLM tidak akan berjalan. Sesuatu yang mudah, sederhana dan gampang ditiru itulah kunci suksesnya. Berbeda dengan bisnis konvensional yang justru hal yang rumit, njlimet dan susah diiru yang akan leading di pasaran. Ada sebuah ungkapan, “kelemahan justru menjadi kekuatan di MLM”. Orang-orang yang mempunyai latar belakang yang unik, seperti tidak lulus SD, tukang roti, pedagang kaki-5 atau orang-orang yang seakan-akan tidak mempunyai kelebihan dan ‘lemah’ biasanya justru melesat cepat di MLM. Mereka menjadi magnet yang lebih besar ketimbang orang-orang yang sudah memiliki banyak kelebihan dan sedikit kekurangan. Jawaban dari ungkapan ini, selain juga karakter orangnya yang terbentuk, juga karena semua orang akan berfikiran kalau dia yang Cuma lulus SD aja bias, masak saya tidak bias? Tidak ada unsur hebat, rumit, dan njlimet tapi yang ada adalah kesan sederhana, mudah dan semua bisa.
Bila bisnis anda ingin besar, jangan pernah ada kata KETERGANTUNGAN karena itu akan menjadi musuh duplikasi yang serius. Dengan ketergantungan pada seseorang maka dukplikasi tidak berjalan baik. Downline yang selalu trgantung kepada upline akan rendah kemauan belajarnya yang ujung-ujungnya tidak terbentuk karakter yang kuat dan lemah. Bisnsi MLM yang merupakan bisnis kepemimpinan tidak berjalan baik, karena penciptaan leader yang kuat tertutupi oleh leader yang ‘superhero’. Tugas upline adalah MEMBANTU downline menyelesaikan masalahnya, bukan menyelesaikan masalah downline.
Yang harus dilakukan Upline adalah secepatnya menciptakan downline2 yang mandiri, tidak tergantung kepada upline. Caranya? Masukkan dowline kedalam system secepatnya dengan mengenalkan pada Buku, kaset (audio book), dan pertemuan. Setiap kali ada masalah,arahkan ke system , sebisa mungkin bukan anda yang menyelesaikan. Misalnya ketika downline anda bertanya atau sms kepada anda tentang bagaimana sponsoring yang benar, arahkan downline utk mendengarkan kaset atau membaca buku yang relevan dengan pertanyaan itu. Downline bertanya tentang produk, arahkanlah ke buku paduan produk dan kaset atau DVD yang relevan. Begitulah seterusnya,,sehingga mitra anda akan berfikiran oooo, kalau begitu saja sih saya bisa! Mereka akan mandiri secepatnya, dan tidak bergantung pada anda!
Pilih mana,
1.menjadi orang yang biasa-biasa aja tapi mempunyai bisnis yang LUAR BIASA atau,
2.menjadi orang yang luar biasa, tapi mempunyai bisnis yang biasa saja?
Tentu pilihan 1, karena justru orang yang biasa-biasa aja tapi mempunyai bisnis yang luar biasa itulah orang yang LUAR BIASA sesungguhnya. Yuk, jadilah orang ‘biasa’ di network marketing, yaitu menjadi orang yang menciptakan banyak pemimpin tangguh didalam group. siap?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar