Kamis, 28 Juli 2011

Hati-hati dengan katamu plen!

by networkbuilder01 in Uncategorized
Tag:, , ,


sihir kata
Seorang downline pucat setelah ketemu uplinenya karena dianggap malas hingga targetnya tidak terpenuhi. Hari-hari berikutnya ia malu dan males  ketemu uplinenya. Kisah berikutnya sering kita dengar akhirnya sang downlinepun muntaber…mundur tanpa berita. Kisah ini sering kita dengar dalam bisnis network marketing yang variable sikap  sangat menentukan dalam keberhasilan bisnis ini.
Berawal dari kata yang terucap. Kata-kata yang positif akan memberikan energy positif, demikian pula sebaliknya. Maka rosulpun mengatakan ; “ berkatalah baik atau diam!” maka katakanlah yang positif yang bias memberdayakan, memberi semangat, memberi pujian yang membuat orang lain merasakan senang dan tenang saat bergaul dengan anda. Jangan jadi harimau dengan katamu, karena setiap orang akan meninggalkan anda, karena takut. Takut dengan kritikan dan omongan negatif yang anda lontarkan. Keluarkan pujian..pujian…dan pujian maka andapun akan panen teman dan persaudaraan yang baik.
Dalam bisnis network marketing, Upline seharusnya menjadi sandaran bagi downline dalam setiap kesulitan dan tantangan dilapangan. Jangan sampai upline justru menjadi momok yang menakutkan karena kurang bijaksana dalam bersikap terhadap downline. Kita harus memahami bahwa downline kita bukanlah bawahan kita yang bias seenaknya kita suruh dan kita target tanpa melihat lebih jauh kondisi dan situasi downline kita. Downline-downline kita sudah merasakan beratnya tantangan dilapangan, berupa penolakan,cibiran  dan banyak hal negative lainnya. Mereka membutuhkan dukungan dan panduan untuk bisa melewati fase yang para uplineya sudah bias melewati fase itu sebelumnya. Sayangnya selama ini banyak yang terjadi, downline sudah  capek dan payah setelah bertempur dilapangan, begitu ketemu upline yang dia berharap akan mendapatkan dukungan dan arahan yang baik malah menjadi ‘lintah’ penyerap energy positifnya. Kasihan…
Upline adalah orang yang mempunyai ‘otoritas’ dimata downlinenya, Ini seperti halnya posisi guru pada muridnya, orang tua pada anaknya, mereka mempunyai kata-kata yang bisa bypass masuk ke otak bawah sadar sehingga bias menjadi sebuah kepercayaan(beliefe). kata-kata sang upline bias menjadi sugesti yang bias masuk langung kedalam otak bawah sadar downline, yang nantinya bias menjadi kepercayaan dan ujungnya adalah tindakan dan sikap. Namun sayangnya, sugesti bias negative bias juga positif. Sugesti upline yang negative akan melemahkan downline, sebaliknya sugesti positif upline akan menguatan downline dalam pencapaian impian-impiannya. Upline yang bijak akan selalu menggunakan sugesti positif dengan kata-kata yang positif dan pujian.
Berikanlah pujian atau hal yang positif pada downline anda saat mereka mendapatkan prestasi,sesaat setelah mereka turun dari panggung atau bahkan kapanpun saat anda bertemu mereka. . Pujilah tindakannya, bukan sekedar pujian kosong sehingga mereka tahu apa yang baik baginya. Berikan nasehat bila perlu namun bukan kritikan, karena siapapun tidak mau dikritik
Suatu ketika ada seorang network builder yang kepercayaan dirinya menjadi bangkit dan  mendapatkan momentum yang luar biasa, hanya karena ucapan dari uplinenya sesaat setelah dia turun panggung. Sang upline ‘hanya’ mengatakan “ hebat, anda seorang calon pembicara yang hebat!”  sesuatu yang sebenarnya sering dia ucapkan pada banyak downlinenya. Tapi karena momentum yang tepat, kata-kata itu menjadi ‘magic word’ yang membangkitkan potensi downlinenya.
Lakukanlah pujian, walaupun saat downline anda tampil dan dalam penampilannya masih banyak keliru dan perlu perbaikan. Pujilah disaat tepat, dan koreksi dilain waktu setelah momen berakhir. Momen yang tepat…. seperti baru turun dari panggung, baru ‘break’ mencapai peringkat tertentu, baru mendapatakn penjualan atau downline baru….adalah saat krusial kita mengucapkan kata positif dan pujian karena itu addalah saat dimana otak bawah sadar terbuka karena frekuensi emosi yang tinggi. Jangan salah kata, karena bisa berakibat fatal. Jangan ada kata negative atau kritikan saat momen itu karena itu bias menjadi ‘santet’ yang akan mematikan potensi downline anda. Anda bukan dukun kan? So, jangan santet downline anda ya  :) he…
Sekedar kata-kata “kamu pembicara yang hebat!”, “anda luarbiasa karena sudah bias merekrut”,”dreambook yang bagus!”, “penampilan yang mengagumkan!”, “tidnakan yang luar biasa”, “penjualan yang hebat” dst….akan bias membuat downline anda berbunga-bunga sepanjang hari, bahkan tidak bias tidur karena senangnya! Gak percaya, lakukan aja! :)
“orang yang hebat adalah orang yang saat bertemu dengan seseorang, maka seseorang itu akan menjadi merasa hebat! Karena sugesti positf yang diberikannya”
So, hati-hati dengan katamu ya plen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar